Faithlife Sermons

[Seri Belajar] Belajar dari Nathanael(1)

Communio Sanctorum: Learn From Nathanael (1)   •  Sermon  •  Submitted
0 ratings
· 3 views

Pada kothbah hari ini, saya ingin membahas mengenai kehidupan seorang murid Kristus yang bernama Nathanael.

Notes & Transcripts
Sermon Tone Analysis
A
D
F
J
S
Emotion
A
C
T
Language
O
C
E
A
E
Social
View more →

Pendahuluan

Pembacaan ayat: Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan injil. … Selanjutnya, … Bartholomeus … (,).

Review Konsep

Pada dua bulan yang lalu, saya sudah mengutarakan bahwa gereja adalah suatu tempat yang sebenarnya dipenuhi oleh orang-orang yang memalukan. Saya pikir konsep mengenai hal ini dapat kita lihat realitanya pada hari ini. Kalau boleh kita berkaca sedikit dari realita dari kehidupan kita, tentu kita akan mengerti hal ini. Setiap dari kita mempunyai hal-hal yang sebenarnya tidak mau kita ceritakan pada orang lain. Mungkin ada kisah kehidupan diri kita yang tidak ingin kita sharingkan pada siapapun. Gereja adalah tempat di mana begitu banyak manusia yang memalukan berkumpul di dalamnya.
Pada dua bulan yang lalu juga saya sudah mengutarakan bahwa gereja seyogyanya adalah suatu tempat dimana perbedaan itu pasti ada. Di dalam komunitas bentukan Tuhan ini, ada begitu banyak orang yang tergabung di dalamnya. Bahkan, kalau kita membaca kesaksian injil, kita akan menemukan bahwa perbedaan ini suatu kepastian. Dengan demikian, perbedaan merupakan kepastian di gereja.
Pada bulan lalu, kita sudah belajar dari seorang tokoh yang disebutkan di sini, yaitu Yudas. Saya ingin kita merefleksikan bahwa kita sendiri dapat menjadi Yudas. Apa yang Yudas lakukan merupakan cerminan dari apa yang kita lakukan pada saat ini.
Pada hari ini, saya ingin kita bersama-sama bercermin dari seorang murid Kristus yang lain, yaitu Nathanael.
Related Media
Related Sermons